Realisasi Tanam Padi Awal Tahun 2024 di Lenteng Sumenep Capai 371 hektare

Koordinator Penyuluh (Koorluh) Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Irawan menyebut, angka realisasi tanam padi pada awal tahun 2024 mencapai 371 hektare. 

Irawan menjelaskan, meski angka tersebut masih belum memenuhi ekspektasi target tanam padi imbas dari El Nino. Petani tidak kehilangan motivasi. "Kami dari penyuluh pertanian juga berupaya agar target tanam padi bisa terealisasi," ungkapnya, Kamis (18/01/2024).

Seluruh lapisan penyuluh dari BPP Lenteng, sambung Irawan, digerakkan untuk memaksimalkan potensi pertanian padi pada awal tahun 2024. "Bahkan tak hanya padi, tanaman lain juga, dari jagung hingga hortikultura diupayakan untuk memenuhi target realisasi tanam," sambungnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto memastikan, seluruh elemen penyuluh pertanian akan ditingkatkan kapabilitas kinerjanya untuk menggerakkan potensi pertanian yang ada, termasuk padi, jagung, dan holtikultura. 

"Kualitas kerja para penyuluh akan terus diperkuat dan ditingkatkan," ungkapnya, Kamis (18/01/2024).

Menurut kepala dinas visioner ini, kekuatan pendampingan dari penyuluh pertanian mampu menggerakkan dan memaksimalkan potensi pertanian milik petani. "Petani dan penyuluh mesti jadi satu kesatuan yang utuh. Yang mampu melahirkan kesejahteraan bagi petani di kabupaten ujung timur Pulau Garam Madura ini," tegasnya.